RPP Otomotif Poros Penggerak Roda

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF

SMK …………………………………………………………..

Mata Pelajaran : Kejuruan Otomotif

Kelas/Semester : XII / 6

Pertemuan Ke- : 1,2,3,4,5,6

Alokasi Waktu : 6 x 45 menit

Standar Kompetensi : Perbaikan poros penggerak roda Kompetensi Dasar : Memelihara/servis poros penggerak roda/drive shaft dan komponen-komponennya Memperbaiki poros penggerak roda/drive shaft dan komponen-komponennya Indikator : • Pemeliharaan/servis poros penggerak roda dilaksanakan tanpa menyebabkan keru-sakan terhadap komponen atau sistem lainnya. • Informasi yang benar di-akses dari spesifikasi pabrik dan dipahami. • Perbaikan dan/atau peng-gantian pada poros peng-gerak roda/drive shaft dan komponen-komponennya dilaksanakan dengan meng-gunakan metoda dan per-lengkapan yang tepat, sesuai dengan spesifikasi terhadap kendaraan/alat industri/ pabrik • Perbaikan poros peng-gerak roda/drive shafts, dan komponen-komponennya dilaksana-kan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya. • Informasi yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami. • Perbaikan dan/atau penggantian pada poros penggerak roda/drive shafts dan komponen-komponennya dilaksana-kan dengan mengguna-kan metode dan perleng-kapan yang tepat, sesuai dengan spesifikasi dan toleransi terhadap pabrik/ kendaraan. • Data yang tepat dileng-kapi sesuai hasil peme-riksaan poros penggerak roda. I. Tujuan Pembelajaran : Selesai mengikuti pelajaran siswa mampu melakukan pemeliharaan dan perbaikan poros penggerak roda beserta komponen – komponennya II. Materi Ajar : • Prinsip kerja poros peng-gerak roda • Komponen poros penggerak roda/drive shaft yang perlu diperbaiki/ diganti • Data spesifikasi pabrik • Langkah kerja pemelihara-an/servis poros penggerak roda/ drive shift dan komponennya sesuai SOP, K3, peraturan dan pro-sedur/kebijakan perusahaan. • Prosedur perbaikan dan atau penggantian komponen pada poros penggerak roda/drive shaft • Konstruksi dan prinsip kerja poros penggerak. • Identifikasi kerusakan dan metoda perbaik-an. • Pengukuran dan spesifikasi toleransi. • Standar prosedur keselamatan kerja III.Metode Pembelajaran : diskusi, penugasan,kerja kelompok dan Praktek IV. Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan I A. Kegiatan Awal : Membuka pelajaran, absensi siswa, menjelaskan tujuan pembelajaran B. Kegiatan Inti : Mengexplorasi dan mendiskusikan prinsip kerja poros penggerak roda melalui penggalian infomasi pada buku manual. Kerja kelompok identifikasi fungsi bagan – bagian poros penggerak roda C. Kegiatan Akhir : Menyimpulkan dan menutup pelajaran Pertemuan II A. Kegiatan Awal : Membuka pelajaran Absensi siswa, memberikan pertanyaan materi sebelumnya B. Kegiatan Inti : Mempelajari konstruksi poros penggerak roda dan komponen-komponennya melalui penggalian infomasi pada buku manual C. Kegiatan Akhir : Menyimpulkan dan menutup pelajaran Pertemuan III A. Kegiatan Awal : Membuka pelajaran Absensi siswa, memberikan pertanyaan materi sebelumnya B. Kegiatan Inti : Mengidentifikasi peralatan perbaikan poros penggerak roda sesuai spesifikasi pabrik. Praktek melakukan prosedur perbaikan poros penggerak roda melalui buku manual C. Kegiatan Akhir : Menyimpulkan materi pelajaran dan hasil praktek Pertemuan IV A. Kegiatan Awal : Membuka pelajaran Absensi siswa, memberikan pertanyaan materi sebelumnya B. Kegiatan Inti : Praktek memeriksa kebengkokan poros penggerak roda secara berkala sesuai petunjuk teknis pabrik. Praktek memeriksa keausan alur-alur bagian dala, bantalan, seal minyak pelumas poros penggerak roda sesuai SOP C. Kegiatan Akhir : Menyimpulkan materi pelajaran dan hasil praktek Pertemuan V A. Kegiatan Awal : Membuka pelajaran, absensi siswa, menjelaskan tujuan pembelajaran B. Kegiatan Inti : Praktek mengganti bantalan dan seal minyak pelumas poros penggerak roda berdasarkan data spesifikasi dari pabrik. Praktek mengganti baut roda belakang dari flange sesuai data spesifikasi dari pabrik C. Kegiatan Akhir : Menyimpulkan dan menutup pelajaran Pertemuan VI A. Kegiatan Awal : Membuka pelajaran, absensi siswa, menjelaskan tujuan pembelajaran B. Kegiatan Inti : Memeriksa dan menyetel end flay/kebebasan ujung poros sesuai standar operasiobal prosedur/SOP. Memperbaiki dan mengganti komponen-komponen yang rusak sesuai data spesifikasi pabrik C. Kegiatan Akhir : Menyimpulkan dan menutup pelajaran V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Alat : Unit Mobil Penggerak roda depan dan penggerak roda belakang, Dial tester Indikator, tang snap ring Bahan : Greese (gemuk), Sumber Belajar : Buku pelajaran Basic Astra Internasional Buku New Step 1 PT. TOYOTA Astra Motor Buku Petunjuk Praktek Untuk STM TOYOTA Astra Motor http://www.howstuffworkcarengines.com, http://www.e-dukasi.net, ikwww.animationcarengine.com, http://www.youyube.com VI. Penilaian : Penugasan, observasi dan praktek EVAUASI 1 1. Gambarkan unit konstruksi poros roda belakang jenis semi floating dan sebutkan nama-nama komponennya. 2. Pemeriksaan apa saja yang dilakukan pada unit poros penggerak roda belakang semi floating. 3. Persyaratan apa saja yang diperlukan pada waktu bekerja dibawah mobil. 4. Gambarkan konstruksi dari CV joint dan sebutkan komponen-komponen utamanya 5. Pemeriksaan apa saja yang dilakukan pada CV joint ? b. Kunci Jawaban Formatif I 1. 1. Gasket. 5. Bantalan. 2. Perabot oli. 6. Penahan bantalan luar. 3. Backing plat. 7. Poros penggerak roda. 4. Penahan bantalan dalam. 2. Pemeriksaan yang dilakukan adalah : a. Bearing/ bantalan. b. Oli seal. c. Poros roda. 3. Persyaratannya adalah sebagai berikut : a. Lantai datar. b. Mobil harus ditumpu dengan jack stand. c. Lantai harus bersih dari minyak. 4. . 5. Pemeriksaan pada CV joint adalah a. Kekocakan out board joint. b. kelengkungan poros. c. Gerakan inboard. d. Kebebasan inboard kearah radial. e. Alur-alur pada ujung poros. VII. Prosedur dan Mekanisme Penilaian. a. Penilaian dilakukan dengan prosedur: 1) Tes lisan 2) Tes tertulis 3) Tugas 4) Project work 5) Tes perbuatan 6) Wawancara 7) Simulasi 8) Portfolio Penilaian berbasis kelas dilaksanakan selama proses pemelajaran berlangsung oleh sekolah/guru. C. KRITERIA PENILAIAN 1. ASPEK PENILAIAN UJI KOMPETENSI TEORI : NO ASPEK PENILAIAN NILAI MAKS NILAI PEROLEHAN (X 0,1) KET 1 Soal no 1 Soal no 2 5 15 2 Soal no 3 Soal no 4 Soal no 5 30 20 20 Jumlah Nilai 100 2. ASPEK PENILAIAN UJI KOMPETENSI PRAKTEK NO ASPEK PENILAIAN NILAI MAKS NILAI PEROLEHAN (X 0,1) KET 1 Sikap : 1. Pakaian 2. Persiapan alat 3. Sikap kerja 5 10 15 2 Ketrampilan Praktek : 1. penggunaan alat 2. urutan langkah kerja pembogkaran 3. urutan langkah kerja pemasangan 4. Ketelitian kerja 10 15 15 10 3. Hasil Kerja 20 Jumlah Nilai 100 VIII. Pedoman Penilaian : – Nilai teori siswa lulus jika memperoleh nilai 7,51 keatas – Nilai praktek diukur berdasarkan hasil, siswa mampu melakukan pekerjaan pemeriksaan, pengukuran, penyetelan dan pemasangan kembali komponen Poros roda tanpa menyebabkan kerusakan komponen lainnya. Mengetahui Kepala SMK ………………………….. Penyusun

Silahkan Klik di bawah ini

RPP Poros Penggerak Roda

, ,

  1. #1 by ocah on October 27, 2010 - 4:27 am

    pa ne komentar dari orang cantik 2 om 4 komentar dari saya pa harusnya pa bayak menerangin di kelas tentang sistim rem,saya belum paham semuah ci pa’tapi saya mau belajar ko’walou pun aga males kalou guru nerangin’ d kelas

  2. #2 by OCAH on October 27, 2010 - 5:15 am

    PA POTONYA KURANG LURUS AGA MIRING SEDIKITN TAPI NOPROBLEM.HE HE MY JESKIDING

  3. #3 by ABDUL ROJAK on October 27, 2010 - 5:22 am

    PA NE KOMENTAR DARI ORANG GANTENG 2 OM4.PA MESKIPUN BAPA NERANGIN NYA GA NYAMPE KE OTAK SY SENANG KO MA BP SOALNYA BAPA ORANG NYA KOCAK N CERU ABIS HE HE

  4. #4 by ghghghg on August 22, 2013 - 5:12 am

    ngajarnya yang rajin ya pak

  1. Ultrabook Noteboook Tipis Harga Murah Terbaik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: